Program Studi S1 Kebidanan

VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN PRODI S1 KEBIDANAN INSTITUT TEKNOLOGI KESEHATAN MALANG WIDYA CIPTA HUSADA

Visi

“Terwujudnya Program Studi Sarjana Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan yang terkemuka (LSHIP) dan Mampu Membawa Potensi Lokal (Excellence With Morality And Disaster) dalam bidang Kebidanan ke tataran global pada tahun 2026”.

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan di bidang Kebidanan yang terkemuka (L-SHIP) yang mampu membawa potensi lokal ke Tataran global serta, agar peserta didik menjadi manusia yang berkualitas serta berjiwa mandiri dan entrepreneur.
  2. Mengembangkan L-SHIP dan potensi lokal sebagai penunjang soft skill bagi lulusan Bidan.
  3. Mengembangkan pemikiran kritis (critical appraisal and thinking), serta penggunaan bukti ilmiah (evidence based practice) yang mengarah pada luaran produk, dan pendayagunaan serta dampak dari produk yang dihasilkan (outcome, benefit, impact).
  4. Mengembangkan dan meningkatkan kompetensi mahasiswa melalui kolaborasi sertifikasi bidang kebidanan, digital skill, dan berkolaborasi antara akademisi, dunia industri, dan masyarakat untuk mengidentifikasi permintaan dan ketersediaan skill bidang kesehatan dalam menghadapi era digital di masa depan.
  5. Mengembangkan kurikulum pendidikan kebidanan yang lebih spesifik yaitu dengan bahasa komunikasi akademik, bahasa untuk literasi dan penulisan, dan bahasa untuk komunikasi kebidanan.
  6. Menghasilkan lulusan yang Respect for disaster dan menyadari bahwa memiliki andil secara pro aktif dalam penanggulangan bencana di masyarakat sebagai bagian dari pengabdian masyarakat, penelitian, dan pendidikan.
  7. Menghasilkan lulusan yang memiliki morality yang baik dan mengedepankan nilai – nilai luhur bangsa Indonesia khususnya budaya jawa sebagai identitas pelayanan dan tata kelola program studi.

Tujuan

  1. Terbentuknya lulusan Program Studi S1 Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan yang terkemuka (L-SHIP) yang mampu membawa potensi lokal ke Tataran global, serta menjadi manusia yang berkualitas serta berjiwa mandiri dan entrepreneur.
  2. Terwujudnya para lulusan yang memiliki L-SHIP dan potensi lokal sebagai penunjang soft skill tenaga bidan.
  3. Terwujudnya pemikiran kritis (critical appraisal and thinking), serta penggunaan bukti ilmiah (evidence based practice) yang mengarah pada luaran produk, dan pendayagunaan serta dampak dari produk yang dihasilkan (outcome, benefit, impact).
  4. Terwujudnya kolaborasi sertifikasi bidang kesehatan, digital skill, dan berkolaborasi antara akademisi, dunia industri, dan masyarakat untuk mengidentifikasi permintaan dan ketersediaan skill bidang kebidanan dalam menghadapi era digital di masa depan.
  5. Terwujudnya pengembangan kurikulum Program Studi S1 Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan yang lebih spesifik yaitu bahasa untuk akademik, bahasa untuk literasi dan penulisan, dan bahasa untuk komunikasi kebidana
  6. Terbentuknya lulusan yang Respect for disaster dan menyadari bahwa memiliki andil secara pro aktif dalam penanggulangan bencana di masyarakat sebagai bagian dari pengabdian masyarakat, penelitian, dan pendidikan
  7. Terbentuknya lulusan yang memiliki morality yang baik dan mengedepankan nilai – nilai luhur bangsa Indonesia khususnya budaya jawa sebagai identitas pelayanan dan tata kelola program studi.

Sasaran

  1. Meningkatnya kompetensi keahlian dan kemampuan lulusan ( L-SHIP) serta dapat mengangkat potensi lokal, berjiwa interpreneur sehingga mahasiswa dapat diterima di dunia kerja.
  2. Meningkatnya para lulusan yang memiliki L-SHIP dan potensi lokal sebagai penunjang soft skill tenaga Bidan
  3. Meningkatnya kemampuan sivitas akademika di Prodi Program Studi S1 Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan yang mandiri (independent), memiliki otonomi (autonomous) dan mampu mengarahkan dirinya (self-directed) pemikiran kritis (critical appraisal and thinking), penggunaan bukti ilmiah (evidence based practice) yang mengarah pada luaran produk, pendayagunaan dampak dari produk yang dihasilkan (outcome, benefit, impact)
  4. Meningkatnya kolaborasi sertifikasi bidang kesehatan, digital skill, dan berkolaborasi antara akademisi, dunia industri, dan masyarakat untuk mengidentifikasi permintaan dan ketersediaan skill bidang kebidanan dalam menghadapi era digital di masa depan.
  5. Terwujudnya pengembangan kurikulum pendidikan Program Studi S1 Kebidanan dan Pendidikan Profesi Bidan yang lebih spesifik yaitu bahasa untuk akademik, bahasa untuk literasi dan penulisan, dan bahasa untuk komunikasi kesehatan.
  6. Meningkatnya sikap Respect for disaster pada lulusan dan sadar bahwa memiliki andil secara pro aktif dalam penanggulangan bencana di masyarakat sebagai bagian dari pengabdian masyarakat, penelitian, dan pendidikan.
  7. Terwujudnya morality yang baik pada lulusan dan mampu mengedepankan nilai – nilai luhur bangsa Indonesia khususnya budaya jawa sebagai identitas pelayanan dan tata kelola program studi.

Profil Lulusan Program Studi

  1. Care Provider (Pemberi Asuhan Kebidanan)
  2. Community Leader (Penggerak Masyarakat) dalam bidang kesehatan ibu dan anak
  3. Communicator (Komunikator) dalam asuhan kebidanan
  4. Decision maker (Pengambilan Keputusan) dalam asuhan kebidanan
  5. Manager (Pengelola) dalam asuhan kebidanan
  6. Researcher (Peneliti) dalam bidang Kebidanan